5. KISI-KISI PENULISAN INSTRUMEN PENILAIAN
MuPel | Kompetensi Dasar | Indikator | Instrumen | |||
Teknik | Jenis | Bentuk | Nomor Soal | |||
Bahasa Indonesia | 3.1 Menggali informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari yang disajikan dalam bentuk lisan, tulis, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan. | 3.1.1 Menggali infromasi tentang konsep perubahan wujud benda mencair C2 | Tes | Tertulis | Pilihan Ganda | Soal 1, 2 |
4.1 Menyajikan hasil informasi tentang konsep perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk lisan, tulis, dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. | 4.1.1 Menyimpulkan hasil percobaan perubahan wujud benda mencair C5 | Tes dan Non Tes | Tertulis dan Unjuk kerja | Pilihan Ganda dan Rubrik | Soal 3, 4 Instrumen III | |
Matematika | 3.7 Mendeskripsikan dan menentukan hubungan antar satuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari. | 3.7.1 Menentukan satuan berat baku C3 | Tes | Tertulis | Pilihan Ganda | Soal 5 |
4.7 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antarsatuan baku untuk panjang, berat, dan waktu yang umumnya digunakan dalam kehidupan sehari-hari | 4.7.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan berat baku C4 | Tes | Tertulis | Pilihan Ganda | Soal 6, 7, 8 | |
SBdP | 3.1 Mengetahui unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif. | 3.2.1 Menjelaskan unsur-unsur rupa dalam karya dekoratif C2 | Tes | Tertulis | Pilihan Ganda | 9, 10 |
| 4.1 Membuat karya dekoratif. | 4.2.1 Membuat karya dekoratif C6 | Non Tes | Unjuk Kerja | Rubrik | Instrumen III |
II. PENILAIAN PENGETAHUAN
LEMBAR SOAL EVALUASI
Kelas/ Semester : III/ 1 (satu)
Tema/ Subtema : III/ III
Pembelajaran : 1
Hari/ Tanggal : . . . . . . . . . ./ . . .
Nama/ Nomor : . . . . . . . . . /. . . .
Pilihlah jawaban di bawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Perubahan wujud benda padat mennjadi cair disebut….
a. Membeku
b. Mencair
c. Menguap
d. mengembun
2. Benda dapat berubah menjadi cair apabila….
a. Didinginkan
b. Ditekan
c. Dipukul
d. Dipanaska
3. Berikut merupakan contoh proses mencair pada benda, kecuali…
a. Es batu terkena panas matahari
b. Lilin yang meleleh saat dinyalakan
c. Es krim lama kelamaan mencair
d. Batu yang terkena panas matahar
4. Batu Kayu
Es krim Lilin
Benda di atas yang dapat mencair adalah….
a. Batu dan es krim
b. Es krim dan kayu
c. Kayu dan lilin
d. Lilin dan Es krim
5. Kilogram dan gram merupakan satuan….
a. Waktu baku
b. Berat baku
c. Panjang baku
d. Cepat baku
6. Dina memiliki 6 bungkus coklat, setiap bungkus berisi 50 gram coklat. Berapa ons jumlah seluruh coklat yang dimiliki dina…
a. 30 ons
b. 300 ons
c. 3 ons
d. 3000 ons
7. Lani membutuhkan sirup untuk membuat es buah. Berat satu botol sirup 600 gram. Jika Rani mempunyai tiga botol sirup, berapa gram berat dari tiga botol sirup?
a. 1200 gram
b. 1800 gram
c. 2100 gram
d. 2400 gram
8. Bella mempunyai kucing seberat 5 kilogram. Berat kelinci Bella sama dengan …
a. 500 gram
b. 5000 gram
c. 50.000 gram
d. 500.000 gram
9. Tiga unsur dari gambar dekoratif adalah . . . .
a. Pensil, penghapus, dan kertas gambar
b. Hewan, tumbuhan, dan manusia
c. Garis, bentuk, dan warna
d. Persegi, segitiga, dan lingkaran
10. Bangun datar segitiga merupakan gabungan dari . . . . garis
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
KUNCI JAWABAN
1. B
2. D
3. D
4. D
5. B
6. B
7. B
8. B
9. C
10. B
PEDOMAN PENILAIAN
III. PENILAIAN KETERAMPILAN
Tema : 3. Benda Disekitarku
SubTema : 3. Perubahan Wujud Benda
Muatan Pembelajaran : 1. (Bahasa Indonesia, IPA, dan SBdP)
LEMBAR PENGAMATAN
A. Rubrik Bahasa Indonesia
INDIKATOR
4.2.1 Menulis hasil pengamatan
Petunjuk : berilah tanda (Ö) pada kolom 1, 2, 3, atau 4 dengan memperhatikan Rubrik!
No | Nama Siswa | Kriteria | Skor Maksimal | Jumlah Skor yang diperoleh | Nilai | ||||
Ketepatan jawaban | |||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | | | | |||
1 | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | |
RUBRIK
Pedoman Penilaian
B. Rubrik Matematika
INDIKATOR
4.2.1 Memecahkan masalah yang berkaitan dengan satuan berat
Petunjuk : berilah tanda (Ö) pada kolom 1, 2, 3, atau 4 dengan memperhatikan Rubrik!
No | Nama Siswa | Kriteria | Skor Maksimal | Jumlah Skor yang diperoleh | Nilai |
| ||||||
Banyaknya ketepatan | | | | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||||||||
1 | | | | | | | | | ||||
2 | | | | | | | | | ||||
3 | | | | | | | | | ||||
RUBRIK
T = Terlihat
BT = Belum Terlihat
Pedoman Penilaian
C. Rubrik SBdP
Indikator
4.2.1 Membuat Karya Seni Dekoratif
Petunjuk : berilah tanda (Ö) pada kolom 1, 2, 3, atau 4 dengan memperhatikan Rubrik!
No | Nama Siswa | Kriteria | Skor Maksimal | Jumlah Skor yang diperoleh | Nilai |
| ||||||
Banyaknya ketepatan | | | | |||||||||
4 | 3 | 2 | 1 | |||||||||
1 | | | | | | | | | ||||
2 | | | | | | | | | ||||
3 | | | | | | | | | ||||
Rubrik
T = Terlihat
BT = Belum Terlihat
I. PENILAIAN SIKAP
Tema/ subtema : III Benda Disekitarku/ III. Perubahan Wujud Benda
Kelas/ semester : 3 (tiga)/ 1 (satu)
Pembelajaran ke : 1 (Satu)
Penilaian Sikap
Petunjuk : Berilah tanda centang (Ö) pada sikap setiap peserta didik yang terlihat !
No | Nama | Religius | Gotong royong | Kreatif | Nasionalis | ||||
T | BT | T | BT | T | BT | T | BT | ||
1 | | | | | | | | | |
2 | dst | | | | | | | | |
Keterangan :
T = Terlihat
BT = Belum Terlihat
Komentar
Posting Komentar