Langsung ke konten utama

LKPD Kelas 2 Tema 4 SubTema 4

 BAHAN AJAR


Satuan Pendidikan : SD

Kelas/Semester : 2/I

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

SubTema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat  Umum

Pembelajaran             : 6. (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)

Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)


Muatan


Kompetensi Dasar


Indikator

Pokok Materi

Media

LKPD

Bahasa Indonesia

3.4

Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

3.4.1






mengidentifikasi isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan menggunakan bahasa tulis



  1. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum.


Gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan, khususnya di tempat umum.






Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

4.4.1




4.4.2

membuat laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

membaca laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

  1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum.

  2. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di tempat umum.



PPKn

1.4

Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

1.4.1


menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah

  1. Menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu dalam keberagaman.


Gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan di tempat umum.




2.4

Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

2.4.1

melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah

  1. Mensimulasikan contoh pengalaman melakukan kegiatan persatuan dalam keberagaman




3.4

Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

3.4.1





3.4.2

menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

menjelaskan akibat hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.





4.4

Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


4.4.1

menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.




Matematika

3.11

Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.

3.11.1

menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

  1. Menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

Gambar dan model berbagai bentuk bangun ruang.



4.11

Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret

4.11.1

membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan.

























Lampiran Media













Media 1.Gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan di tempat umum.
















































Media 2. Gambar yang berhubungan dengan kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu atau kebersamaan di tempat umum.













































Media 3. Gambar dan model berbagai bentuk bangun ruang.





























Lampiran LKPD























LKPD 1



























Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 2 (dua)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

  di Tempat Umum

Pembelajaran : 6 (enam)

Materi : Kegiatan melatih kekuatan












Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 1 (satu)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran : 6 (enam)



Petunjuk

  1. Bacalah teks berikut!

  2. Tuliskan hasil pengamatanmu tentang cara melestarikan flora dan fauna secara berkelompok pada tempat yang telah disediakan!

  3. Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!


Flora dan Fauna Lestari, Manusia

Akan Sehat

Kelestarian flora dan fauna wajib kita jaga. Hal ini dilakukan agar flora dan fauna di sekitar kita tidak rusak dan punah. Jika flora dan fauna rusak dan punah, kehidupan manusia pun ikut terganggu. Misalnya kebakaran hutan sangat mengganggu kehidupan kita. Kesehatan manusia sangat terganggu karena banyak asap. Bahkan, banyak juga yang menyebabkan kematian.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna di sekitar kita. Pembakaran dan penebangan hutan secara liar harus dihentikan. Perburuan hewan liar juga harus dihindari. Hutan akan tetap asri. Hewan di hutan pun tidak punah. Dengan demikian, kehidupan dan kesehatan manusia pun tidak terganggu.

















LKPD 2



























Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 2 (dua)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

  di Tempat Umum

Pembelajaran : 6 (enam)

Materi : Manfaat hidup bersatu dan akibat 

  jika hidup tidak bersat




Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 1 (satu)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran : 6 (enam)



Petunjuk!

  1. Pasangkanlah pernyataan pada sebelah kiri dengan pernyataan yang tepat pada sebelah kanan dengan cara menarik garis!









LKPD 3










Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 2 (dua)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

  di Tempat Umum

Pembelajaran : 6 (enam)

Materi : Manfaat hidup bersatu dan akibat 

  jika hidup tidak bersatu










Satuan Pendidikan : SD

Kelas : 1 (satu)

Tema : 4. Hidup Bersih dan Sehat

Subtema : 4. Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran : 6 (enam)



Petunjuk!

Lengkapilah bentuk bangun-bangun ruang berdasarkan pola berikut!



https://docs.google.com/document/d/1BLXNu80DxyAqd4B4AdgJl-cmBRrVhxN5/edit?usp=share_link&ouid=110030844368785404091&rtpof=true&sd=true


DAFTAR PUSTAKA


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


http://satunama.org/207/berbagi-pengetahuan-dan-pengalaman-dengan-radio-komunitas-timor-leste-2/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Kelayakan Model Goodness of fit Pada SmartPLS

Uji Kelayakan Model Goodness of fit Pada SmartPLS,  Untuk melakukan uji kualitas model pengukuran, caranya adalah:  Klik menu Calculate  => PLS Algoritm (lihat pada bagian yang dilingkari  pada gambar dibawah ini !) Setelah itu, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.  Selanjutnya, pilih (klik) Start Calculation. Setelah proses Calculation selesai, maka akan keluar hasil pengujian kualitas model pengukuran (lihat gambar di bawah ini !). Penyimpulan mengenai kualitas model pengukuran mengacu pada rule of  tumbs berikut ini: Pada gambar di bawah ini nampak hasil outer loadings (di SPSS diistilahkan  dengan Factor Loadings ) digunakan untuk mengukur validitas konvergen  dari model pengukuran (instrumen). Pada kasus ini, hasil uji outer loadings menunjukkan skor yang rendah pada variabel AKT (Akuntabilitas) yaitu  kurang dari rule of tumbs 0,70 (Chin, 1998). Skor kurang dari 0,70 juga  nampak pada konstruk KMUK4 dan KSI...

Cara Uji Validitas dengan Corrected Item-Total Correlations SPSS

Uji validitas item merupakan uji instrumen data untuk mengetahui seberapa cermat suatu item dalam mengukur apa yang ingin diukur. Item dapat dikatakan valid jika adanya korelasi yang signifikan dengan skor totalnya, hal ini menunjukkan adanya dukungan item tersebut dalam mengungkap suatu yang ingin diungkap. Item biasanya berupa pertanyaan atau pernyataan yang ditujukan kepada responden dengan menggunakan bentuk kuesioner dengan tujuan untuk mengungkap sesuatu. Teknik uji validitas item dengan teknik Corrected ItemTotal Correlation , yaitu dengan cara mengkorelasikan skor item dengan skor totalnya dan melakukan koreksi terhadap nilai koefisien korelasi yang overestimasi. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi koefisien item total yang overestimasi (estimasi nilai yang lebih tinggi dari yang sebenarnya). Pada metode ini tidak perlu memasukkan skor total, karena sudah dihitung secara otomatis.    Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS Kemudian pengujian sign...

Rumus Fungsi If Dengan Conditional Formatting di Excel

Fungsi if merupakan fungsi yang sering digunakan pada aplikasi ms.excel untuk mendapatkan nilai berdasarkan kriteria yang ditentukan. Kadangkala kita ingin menambahkan warna-warna atau simbol-simbol tertentu pada setiap nilai yang dikembalikan dengan fungsi if. Untuk memberikan perbedaan ini, kita dapat menggunakan tools conditional formatting pada fungsi if tersebut. Mencari Nilai Dengan Fungsi If Sebelum menambahkan style pada hasil dari fungsi if, berikut ini adalah sebuah contoh data mencari score dengan fungsi if. Nilai score pada kolom E, merupakan nilai berdasarkan persentase pencapaian yang didapat pada kolom D berdasarkan nilai-nilai pada tabel pertama (A1:B4) Ketentuan score pada kolom E berdasarkan tabel pertama adalah : Jika nilai pada kolom D adalah lebih kecil dari 75%, maka akan mendapat score 1. Jika nilai pada kolom D antar 75% sampai 100%, maka akan mendapat score 2. Dan Jika nilai pada kolom D lebih besar dari 100%, maka akan mendapatkan score 3. If Dan Conditional F...