Langsung ke konten utama

Silabus Kelas 2 Tema 4 SubTema 4 Pembelajaran 6

 PEMETAAN KOMPETENSI DASAR TEMA 4 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 6

































PENGGALAN SILABUS SD KELAS 2


Satuan Pendidikan : SD

Kelas/Semester : 2/I

Tema/SubTema : 4. Hidup Bersih dan Sehat / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Umum

Pembelajaran             : 6 (Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika)

Alokasi waktu : 1 hari (5X35 Menit)



Kompetensi Inti

  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya

  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan bertanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


Mupel/

Kompetensi Dasar

Nilai Karakter

Indikator

Materi

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber belajar

Teknik

Jenis

Bentuk

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Bahasa Indonesia










3.4 Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.


Religius,

Disiplin,

Kerja sama,

Kreatif



3.4.1mengidentifikasi isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan menggunakan bahasa tulis

  1. Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum.


  1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.  (Religius: beriman dan bertaqwa)

  2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)

  3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)

  4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak. 

  5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

Mengamati

  1. Siswa mendengarkan teman membacakan teks percakapan yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan tempat umum.

  2. Bertanya jawab tentang isi percakapan secara umum.

Berlatih

  1. Siswa menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan teks percakapan yang didengar sebelumnya.

  2. Guru dan siswa bersama-sama mengoreksi kebenaran jawaban yang dibuat siswa.

  3. Memberikan penguatan terhadap jawaban siswa dan mengarahkannya agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan di manapun berada. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)

Berdiskusi

  1. Siswa mendiskusikan makna kata yang berhubungan dengan teks percakapan sebelumnya, misalnya saja kata kerja bakti, daur ulang, dan tata kota.

  2. Ketika berdiskusi, siswa hendaknya dibimbing penuh oleh guru karena kata yang dicari maknanya mungkin saja kata yang baru pertama kali ia dengar.

Berlatih

  1. Untuk memantapkan pemahaman siswa, diberikan latihan yang berhubungan dengan kata dan makna kata yang sesuai.

  2. Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa dalam kelompok.

  3. Memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa dalam menemukan makna kata.

Membaca

  1. Siswa membaca teks yang berjudul “Perlunya Menjaga Kebersihan Taman Kota” menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.

  2. Bertanya jawab tentang isi teks yang dibaca. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya: “Apa isi teks yang kamu baca?” dan “Apa kesimpulanmu terhadap isi teks?”.

Mengamati

  1. Siswa mengamati gambar yang berhubungan dengan cara menjaga kebersihan tempat umum.

  2. Bertanya jawab tentang isi gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar?”.

Menulis

  1. Siswa menuliskan laporan hasil pengamatan tentang cara menjaga kebersihan tempat umum.

  2. Siswa diberikan arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.

  3. Siswa membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. (Kegiatan literasi)

Mengamati

  1. Siswa mengamati berbagai contoh kegiatan yang mencerminkan sikap bersatu dengan warga di sekitar.

  2. Bertanya jawab tentang isi gambar. Pertanyaan yang dapat diajukan misalnya “Informasi apa yang kamu peroleh dari gambar?” 

Berdiskusi

  1. Siswa mendiskusikan contoh sikap mau hidup bersama dengan warga sekitar.

  2. Siswa menyampaikan hasil diskusinya.

  3. Mengoreksi kebenaran hasil kerja siswa.

  4. Siswa mendiskusikan sikap yang harus dimiliki agar terwujud kebersamaan dengan warga sekitar.

  5. Siswa menyampaikan hasil diskusinya.

  6. Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.

  7. Memberikan penguatan terhadap hasil kerja siswa agar senantiasa membiasakan sikap-sikap yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. (Gotong royong: kerjasama, solidaritas, saling menolong)

Berlatih

  1. Siswa menceritakan kegiatan yang pernah dilakukan dengan warga di lingkungan sekitarnya.

  2. Siswa dibimbing agar mampu bercerita dengan jujur dan bahasa yang santun.

Mengamati

  1. Siswa mengamati salah satu bentuk kegiatan yang menggambarkan aktivitas bergerak secara kuat, misalnya menggendong tangki semprot.

  2. Bertanya jawab tentang isi gambar. 

  3. Siswa mengamati gambar aktivitas bergerak secara kuat, misalnya sit-up tepuk tangan dan sit-up tepuk lutut.

  4. Bertanya jawab tentang cara melakukan sit-up tepuk tangan dan sit-up tepuk lutut.

Mencoba

  1. Siswa melakukan gerakan sit-up tepuk tangan dan sit-up tepuk lutut.

  2. Bertanya jawab tentang kegiatan yang telah dilakukan.

  3. Siswa menyimpulkan pembelajaran.

  4. Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)

  5. Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari

  6. Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.

  7. Melakukan penilaian hasil belajar

  8. Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)

Tes



Tes Tertulis

Soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian

5 x 35 menit


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Guru Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017.  Buku Siswa Kelas II: Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

.

4.4   Menyajikan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.


  1. membuat laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

  2. membaca laporan sederhana tentang cara menjaga lingkungan agar tetap sehat.

  1. Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di tempat umum.

  2. Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di tempat umum.


Non Tes



Unjuk Kerja

Rating scale dengan rubrik



PPKn









1.4 Menerima sikap sesuai dengan makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


1.4.1  menunjukkan sikap bersyukur dalam keberagaman di sekolah

  1. Menjelaskan manfaat dan kerugian apabila tidak hidup bersatu dalam keberagaman.


Non Tes



Pengamatan

Lembar Pengamatan



2.4 Menerima makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


2.4.1 melaksanakan sikap toleransi dalam keberagaman di sekolah

  1. Mensimulasikan contoh pengalaman melakukan kegiatan persatuan dalam keberagaman

Non Tes



Pengamatan

Lembar Pengamatan



3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.


3.4.1 menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.

3.4.2 menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.


Tes



Tes Tertulis

Soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian



4.4    Menceritakan pengalaman bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.



4.4.1 menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat umum sekitar rumah.


Non Tes



Unjuk Kerja

Rating scale dengan rubrik



Matematika









3.11 Menjelaskan pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret.


3.11.1menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

  1. Menentukan bangun ruang pada urutan berikutnya berdasarkan pola.

Tes



Tes Tertulis

Soal pilihan ganda, isian singkat, dan uraian



4.11 Memprediksi pola barisan bangun datar dan bangun ruang menggunakan model konkret


4.11.1membuat gambar bangun ruang berdasarkan pola pada urutan yang ditentukan.


Non Tes



Unjuk Kerja

Rating scale dengan rubrik




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Kelayakan Model Goodness of fit Pada SmartPLS

Uji Kelayakan Model Goodness of fit Pada SmartPLS,  Untuk melakukan uji kualitas model pengukuran, caranya adalah:  Klik menu Calculate  => PLS Algoritm (lihat pada bagian yang dilingkari  pada gambar dibawah ini !) Setelah itu, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.  Selanjutnya, pilih (klik) Start Calculation. Setelah proses Calculation selesai, maka akan keluar hasil pengujian kualitas model pengukuran (lihat gambar di bawah ini !). Penyimpulan mengenai kualitas model pengukuran mengacu pada rule of  tumbs berikut ini: Pada gambar di bawah ini nampak hasil outer loadings (di SPSS diistilahkan  dengan Factor Loadings ) digunakan untuk mengukur validitas konvergen  dari model pengukuran (instrumen). Pada kasus ini, hasil uji outer loadings menunjukkan skor yang rendah pada variabel AKT (Akuntabilitas) yaitu  kurang dari rule of tumbs 0,70 (Chin, 1998). Skor kurang dari 0,70 juga  nampak pada konstruk KMUK4 dan KSI...

Cara Uji Validitas dengan Corrected Item-Total Correlations SPSS

Uji validitas item merupakan uji instrumen data untuk mengetahui seberapa cermat suatu item dalam mengukur apa yang ingin diukur. Item dapat dikatakan valid jika adanya korelasi yang signifikan dengan skor totalnya, hal ini menunjukkan adanya dukungan item tersebut dalam mengungkap suatu yang ingin diungkap. Item biasanya berupa pertanyaan atau pernyataan yang ditujukan kepada responden dengan menggunakan bentuk kuesioner dengan tujuan untuk mengungkap sesuatu. Teknik uji validitas item dengan teknik Corrected ItemTotal Correlation , yaitu dengan cara mengkorelasikan skor item dengan skor totalnya dan melakukan koreksi terhadap nilai koefisien korelasi yang overestimasi. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi koefisien item total yang overestimasi (estimasi nilai yang lebih tinggi dari yang sebenarnya). Pada metode ini tidak perlu memasukkan skor total, karena sudah dihitung secara otomatis.    Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS Kemudian pengujian sign...

Rumus Fungsi If Dengan Conditional Formatting di Excel

Fungsi if merupakan fungsi yang sering digunakan pada aplikasi ms.excel untuk mendapatkan nilai berdasarkan kriteria yang ditentukan. Kadangkala kita ingin menambahkan warna-warna atau simbol-simbol tertentu pada setiap nilai yang dikembalikan dengan fungsi if. Untuk memberikan perbedaan ini, kita dapat menggunakan tools conditional formatting pada fungsi if tersebut. Mencari Nilai Dengan Fungsi If Sebelum menambahkan style pada hasil dari fungsi if, berikut ini adalah sebuah contoh data mencari score dengan fungsi if. Nilai score pada kolom E, merupakan nilai berdasarkan persentase pencapaian yang didapat pada kolom D berdasarkan nilai-nilai pada tabel pertama (A1:B4) Ketentuan score pada kolom E berdasarkan tabel pertama adalah : Jika nilai pada kolom D adalah lebih kecil dari 75%, maka akan mendapat score 1. Jika nilai pada kolom D antar 75% sampai 100%, maka akan mendapat score 2. Dan Jika nilai pada kolom D lebih besar dari 100%, maka akan mendapatkan score 3. If Dan Conditional F...