Langsung ke konten utama

Cara Mengurutkan Data dengan Rumus Fungsi Sort di Excel

Sort merupakan salah satu tools yang terdapat pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan ketentuan yang diberikan.


Pengurutan data dengan menggunakan sort pada umumnya dapat berdasarkan nilai (values), warna sel (cell color), warna font (fornt color), dan ikon pada sel (cell icon).

Sedangkan cara pengurutan datanya (order) bisa berdasarkan dari nilai terbesar ke kecil, nilai terkecil ke besar, warna dari atas ke bawah maupun bawah ke atas.

Manfaat Sort Data Di Excel


Manfaat penggunaan tools sort ini adalah mendapatkan susunan nilai berdasarkan order untuk menyorot suatu data.

Pada suatu contoh misalnya kita akan mengurutkan data dari nilai terkecil terhadap nama siswa, maka data akan disortir dengan nilai yang paling kecil berada paling atas apabila data diurutkan dari kecil ke besar.

Selain untuk mencari nilai siswa, sort data masih bisa digunakan untuk banyak keperluan seperti mengurutkan nilai penjualan masing-masing sales atau mengurutkan omzet bulanan yang didapat sebuah perusahaan dan contoh-contoh lainnya.

Cara Sort Data pada Excel


Dalam mengurutkan data atau mengelompokkan data pada aplikasi ms excel ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain mengurutkan dari nilai terkecil ke nilai terbesar, mengurutkan dari nilai terbesar ke nilai terkecil, mengurutkan nilai berdasarkan warna pada sel.

1. Mengurutkan Data Dari Terkecil Ke Terbesar


Cara mengurutkan nilai dari yang kecil ke yang besar ini akan menempatkan data dengan nilai paling kecil berada pada baris paling atas, sedangkan data dengan nilai paling besar akan berada pada baris paling bawah (smallest to largest).

Untuk mengurutkan sebuah data seperti ini, sobat harus memilih data yang akan disort dengan cara blok pada data tersebut (misalnya array A2:H26) pada contoh gambar sort data 1)

Jika data sudah di blok, maka pilih data pada menu bar lalu klik Sort pada toolbar, maka akan muncul form sort seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Sort Data Di Excel
Sort Data 1

Dari gambar diatas tersebut kita akan melakukan sort data atau mengurutkan data pada kolom H (total), maka opsi yang dilakukan pada form sort adalah :
  • Hilangkan centang pada my data has headers untuk menampilkan nama kolom pada bagian column pilihan sort by.
  • Pada bagian column pilihan sort by dipilih kolom yang akan diurutkan nilainya (contoh disini adalah kolom K / total penjualan).
  • Pada bagian sort on pilihan sort by dipilih values jika data yang akan diurutkan berdasar nilai (contoh disini nilai pada total penjualan).
  • Pada Bagian order pilihan sort by ini adalah cara bagaimana data diurutkan (pada contoh ini smallest to largest karena data akan diurutkan dari kecil ke besar).
  • Jika diperlukan kriteria baru untuk pengurutan data maka bisa menambahkan dengan add level.
  • Apabila kriteria sudah sesuai maka tinggal klik tombol ok maka data akan berubah dan terurut sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

2. Mengurutkan Data Dari Terbesar Ke Terkecil


Cara untuk mengurutkan data dengan nilai terbesar ke nilai terkecil (largest to smallest) ini pada dasarnya sama dengan cara mengurutkan dengan nilai terkecil ke nilai terbesar.

Perbedaannya hanya pada saat memilih pada bagian order pilihan sort by ini diisi atau dipilih largest to smallest.

Apabila sobat suka menggunakan shortcut maka cara untuk mengurutkan datanya adalah :
  • Pertama lakukan blok pada data yang akan diurutkan (A2:H26)
  • Jika sudah dilakukan blok maka shortkey yang digunakan adalah dengan menekan tombol Alt dan tombol D secara bersamaan setelah itu dilepas kemudian tekan tombol S (Alt+D, S) maka form sort akan dimunculkan.
  • Apabila pada pilihan my data has headers berisi dengan tombol centang, maka untuk menghilangkannya bisa menggunakan tombol Alt dan tombol H secara bersamaan (Alt+H).
  • Untuk memindahkan dari satu posisi ke posisi lainnya bisa menggunakan tombol tab.
  • Untuk mengubah pilihan pada sort by bisa menggunakan tombol tanda panah ke bawah jika pada saat pilihan aktif (ditandai dengan sorot warna biru).
  • Jika sudah selesai maka pindahkan sorotan yang aktif menggunakan tombol tab ke tombol OK lalu tekan tombol enter.
Jika berhasil maka tampilan data yang diurutkan menggunakan sort dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil akan tampak seperti pada tampilan gambar sort data 2 di bawah ini.

Cara Menggunakan Sort Data di Excel
Sort Data 2

3. Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Sel


Mengurutkan data berdasarkan warna adalah mengurutkan data berdasarkan kesamaan warna pada sel / rentang sel yang dipilih.

Cara untuk mengurutkan data dengan warna hampir sama dengan cara mengurutkan data menggunakan nilai (value). 

Perbedaannya adalah pada pilihan Sort By pada bagian Sort On dan bagian Order
  • Pada bagian sort on pilihan sort by dipilih Cell Color jika data yang akan diurutkan berdasar warna sel.
  • Pada Bagian order pilihan sort by adalah No Cell Color untuk sel dengan warna default atau warna sesuai dengan warna sel yang ada bisa pada bagian atas (On Top) atau pada bagian bawah (On Bottom).
  • Apabila kriteria sudah sesuai maka tinggal klik tombol ok maka data akan berubah dan terurut sesuai dengan kriteria yang diinginkan seperti pada tampilan gambar sort data 3 dibawah ini.
Sort Data di excel
Sort Data 3

Kesimpulan


Cara mengurutkan data / sort data pada excel merupakan cara mengelompokkan data berdasarkan kriteria yang diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Uji Kelayakan Model Goodness of fit Pada SmartPLS

Uji Kelayakan Model Goodness of fit Pada SmartPLS,  Untuk melakukan uji kualitas model pengukuran, caranya adalah:  Klik menu Calculate  => PLS Algoritm (lihat pada bagian yang dilingkari  pada gambar dibawah ini !) Setelah itu, maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.  Selanjutnya, pilih (klik) Start Calculation. Setelah proses Calculation selesai, maka akan keluar hasil pengujian kualitas model pengukuran (lihat gambar di bawah ini !). Penyimpulan mengenai kualitas model pengukuran mengacu pada rule of  tumbs berikut ini: Pada gambar di bawah ini nampak hasil outer loadings (di SPSS diistilahkan  dengan Factor Loadings ) digunakan untuk mengukur validitas konvergen  dari model pengukuran (instrumen). Pada kasus ini, hasil uji outer loadings menunjukkan skor yang rendah pada variabel AKT (Akuntabilitas) yaitu  kurang dari rule of tumbs 0,70 (Chin, 1998). Skor kurang dari 0,70 juga  nampak pada konstruk KMUK4 dan KSI...

Cara Uji Validitas dengan Corrected Item-Total Correlations SPSS

Uji validitas item merupakan uji instrumen data untuk mengetahui seberapa cermat suatu item dalam mengukur apa yang ingin diukur. Item dapat dikatakan valid jika adanya korelasi yang signifikan dengan skor totalnya, hal ini menunjukkan adanya dukungan item tersebut dalam mengungkap suatu yang ingin diungkap. Item biasanya berupa pertanyaan atau pernyataan yang ditujukan kepada responden dengan menggunakan bentuk kuesioner dengan tujuan untuk mengungkap sesuatu. Teknik uji validitas item dengan teknik Corrected ItemTotal Correlation , yaitu dengan cara mengkorelasikan skor item dengan skor totalnya dan melakukan koreksi terhadap nilai koefisien korelasi yang overestimasi. Hal ini dikarenakan agar tidak terjadi koefisien item total yang overestimasi (estimasi nilai yang lebih tinggi dari yang sebenarnya). Pada metode ini tidak perlu memasukkan skor total, karena sudah dihitung secara otomatis.    Cara Uji Validitas Metode Analisis Faktor (KMO) dengan SPSS Kemudian pengujian sign...

Rumus Fungsi If Dengan Conditional Formatting di Excel

Fungsi if merupakan fungsi yang sering digunakan pada aplikasi ms.excel untuk mendapatkan nilai berdasarkan kriteria yang ditentukan. Kadangkala kita ingin menambahkan warna-warna atau simbol-simbol tertentu pada setiap nilai yang dikembalikan dengan fungsi if. Untuk memberikan perbedaan ini, kita dapat menggunakan tools conditional formatting pada fungsi if tersebut. Mencari Nilai Dengan Fungsi If Sebelum menambahkan style pada hasil dari fungsi if, berikut ini adalah sebuah contoh data mencari score dengan fungsi if. Nilai score pada kolom E, merupakan nilai berdasarkan persentase pencapaian yang didapat pada kolom D berdasarkan nilai-nilai pada tabel pertama (A1:B4) Ketentuan score pada kolom E berdasarkan tabel pertama adalah : Jika nilai pada kolom D adalah lebih kecil dari 75%, maka akan mendapat score 1. Jika nilai pada kolom D antar 75% sampai 100%, maka akan mendapat score 2. Dan Jika nilai pada kolom D lebih besar dari 100%, maka akan mendapatkan score 3. If Dan Conditional F...