Langsung ke konten utama

Cara Mengurutkan Data dengan Rumus Fungsi Sort di Excel

Sort merupakan salah satu tools yang terdapat pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk mengurutkan data berdasarkan ketentuan yang diberikan.


Pengurutan data dengan menggunakan sort pada umumnya dapat berdasarkan nilai (values), warna sel (cell color), warna font (fornt color), dan ikon pada sel (cell icon).

Sedangkan cara pengurutan datanya (order) bisa berdasarkan dari nilai terbesar ke kecil, nilai terkecil ke besar, warna dari atas ke bawah maupun bawah ke atas.

Manfaat Sort Data Di Excel


Manfaat penggunaan tools sort ini adalah mendapatkan susunan nilai berdasarkan order untuk menyorot suatu data.

Pada suatu contoh misalnya kita akan mengurutkan data dari nilai terkecil terhadap nama siswa, maka data akan disortir dengan nilai yang paling kecil berada paling atas apabila data diurutkan dari kecil ke besar.

Selain untuk mencari nilai siswa, sort data masih bisa digunakan untuk banyak keperluan seperti mengurutkan nilai penjualan masing-masing sales atau mengurutkan omzet bulanan yang didapat sebuah perusahaan dan contoh-contoh lainnya.

Cara Sort Data pada Excel


Dalam mengurutkan data atau mengelompokkan data pada aplikasi ms excel ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain mengurutkan dari nilai terkecil ke nilai terbesar, mengurutkan dari nilai terbesar ke nilai terkecil, mengurutkan nilai berdasarkan warna pada sel.

1. Mengurutkan Data Dari Terkecil Ke Terbesar


Cara mengurutkan nilai dari yang kecil ke yang besar ini akan menempatkan data dengan nilai paling kecil berada pada baris paling atas, sedangkan data dengan nilai paling besar akan berada pada baris paling bawah (smallest to largest).

Untuk mengurutkan sebuah data seperti ini, sobat harus memilih data yang akan disort dengan cara blok pada data tersebut (misalnya array A2:H26) pada contoh gambar sort data 1)

Jika data sudah di blok, maka pilih data pada menu bar lalu klik Sort pada toolbar, maka akan muncul form sort seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Sort Data Di Excel
Sort Data 1

Dari gambar diatas tersebut kita akan melakukan sort data atau mengurutkan data pada kolom H (total), maka opsi yang dilakukan pada form sort adalah :
  • Hilangkan centang pada my data has headers untuk menampilkan nama kolom pada bagian column pilihan sort by.
  • Pada bagian column pilihan sort by dipilih kolom yang akan diurutkan nilainya (contoh disini adalah kolom K / total penjualan).
  • Pada bagian sort on pilihan sort by dipilih values jika data yang akan diurutkan berdasar nilai (contoh disini nilai pada total penjualan).
  • Pada Bagian order pilihan sort by ini adalah cara bagaimana data diurutkan (pada contoh ini smallest to largest karena data akan diurutkan dari kecil ke besar).
  • Jika diperlukan kriteria baru untuk pengurutan data maka bisa menambahkan dengan add level.
  • Apabila kriteria sudah sesuai maka tinggal klik tombol ok maka data akan berubah dan terurut sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

2. Mengurutkan Data Dari Terbesar Ke Terkecil


Cara untuk mengurutkan data dengan nilai terbesar ke nilai terkecil (largest to smallest) ini pada dasarnya sama dengan cara mengurutkan dengan nilai terkecil ke nilai terbesar.

Perbedaannya hanya pada saat memilih pada bagian order pilihan sort by ini diisi atau dipilih largest to smallest.

Apabila sobat suka menggunakan shortcut maka cara untuk mengurutkan datanya adalah :
  • Pertama lakukan blok pada data yang akan diurutkan (A2:H26)
  • Jika sudah dilakukan blok maka shortkey yang digunakan adalah dengan menekan tombol Alt dan tombol D secara bersamaan setelah itu dilepas kemudian tekan tombol S (Alt+D, S) maka form sort akan dimunculkan.
  • Apabila pada pilihan my data has headers berisi dengan tombol centang, maka untuk menghilangkannya bisa menggunakan tombol Alt dan tombol H secara bersamaan (Alt+H).
  • Untuk memindahkan dari satu posisi ke posisi lainnya bisa menggunakan tombol tab.
  • Untuk mengubah pilihan pada sort by bisa menggunakan tombol tanda panah ke bawah jika pada saat pilihan aktif (ditandai dengan sorot warna biru).
  • Jika sudah selesai maka pindahkan sorotan yang aktif menggunakan tombol tab ke tombol OK lalu tekan tombol enter.
Jika berhasil maka tampilan data yang diurutkan menggunakan sort dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil akan tampak seperti pada tampilan gambar sort data 2 di bawah ini.

Cara Menggunakan Sort Data di Excel
Sort Data 2

3. Mengurutkan Data Berdasarkan Warna Sel


Mengurutkan data berdasarkan warna adalah mengurutkan data berdasarkan kesamaan warna pada sel / rentang sel yang dipilih.

Cara untuk mengurutkan data dengan warna hampir sama dengan cara mengurutkan data menggunakan nilai (value). 

Perbedaannya adalah pada pilihan Sort By pada bagian Sort On dan bagian Order
  • Pada bagian sort on pilihan sort by dipilih Cell Color jika data yang akan diurutkan berdasar warna sel.
  • Pada Bagian order pilihan sort by adalah No Cell Color untuk sel dengan warna default atau warna sesuai dengan warna sel yang ada bisa pada bagian atas (On Top) atau pada bagian bawah (On Bottom).
  • Apabila kriteria sudah sesuai maka tinggal klik tombol ok maka data akan berubah dan terurut sesuai dengan kriteria yang diinginkan seperti pada tampilan gambar sort data 3 dibawah ini.
Sort Data di excel
Sort Data 3

Kesimpulan


Cara mengurutkan data / sort data pada excel merupakan cara mengelompokkan data berdasarkan kriteria yang diinginkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyelesaikan Konflik

Pada postingan terdahulu kita telah membahas tentang akomodasi sebagai salah satu cara menyelesaikan konflik . Akomodasi sebagai cara untuk menyelesaikan konflik dalam masyarakat memiliki beberapa tujuan antara lain sebagai berikut : untuk mengurangi pertentangan di antara individu-individu atau kelopok manusia sebagai akibat perbedaan paham,  mencegah meledaknya pertentangan,  memungkinkan terjadinya kerja sama di antara kelompok-kelompok yang hidup terpisah sebagai akibat faktor sosial psikologis dan kebudayaan,  serta megusahakan peleburan antara kelompok-kelompok sosial yang terpisah, misalnya melalui perkawinan campuran. Beberapa cara akomodasi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik adalah konsiliasi, mediasi, arbitrasi, ajudikasi, eliminasi, subjugation atau domination, majority rule, minority consent, kompromi, integrasi, dan gencatan senjata. Sementara itu Georg Simmel mengatakan ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan konflik, yaitu s...

Belajar Menggunakan WolframAlpha

Pasti kamu udah kenal beberapa search engine atau mesin pencari yang ada sekarang seperti Google, Yahoo, Ask, dan lain-lainnya ya? Tapi, tau nggak sih kamu tentang WolframAlpha? Mungkin kamu belum pernah denger atau asing dengan namanya. WolframAlpha sebenarnya bukan search engine seperti Google atau Yahoo, tapi lebih tepat disebut sebagai answer engine atau mesin penjawab. Meskipun masih baru, situs ini bisa memberikan banyak informasi dan menjawab beberapa pertanyaan. Tampilannya mirip dengan Google, tapi data yang ditampilkan lebih seperti Wikipedia. Jadi, bisa dibilang WolframAlpha itu perpaduan antara Google dan Wikipedia. Apa Itu WolframAlpha? Wolfram Alpha adalah sebuah mesin penjawab yang telah dikembangkan oleh perusahaan multinasional bernama Wolfram Research. Perusahaan ini berfokus pada pengembangan teknologi komputasi dan didirikan pada tahun 1987 oleh Stephen Wolfram, namun Wolfram Alpha ini baru dirilis ke publik pada tanggal 15 Mei 2009. Wolfram Alpha ini hadir deng...

Rumus Fungsi Sumproduct di Excel dan Kegunaannya

Fungsi sumproduct merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk mengalikan komponen-komponen di dalam array dan mengembalikan jumlah dari perkalian tersebut. Sintaks Fungsi Sumproduct Di Excel SUMPRODUCT(array1, [array2], [array3], ...)  Array adalah komponen-komponen yang akan dikalikan lalu dijumlahkan. Manfaat Penggunaan Fungsi Sumproduct Penggunaan fungsi sumproduct ini akan memberikan kemudahan dalam mengalikan suatu nilai jika header pada suatu data berbentuk nilai. Misalkan suatu contoh data penjualan tersaji seperti pada  gambar fungsi sumproduct 1  dibawah ini dengan harga jual masing-masing produk adalah sebagai berikut : Produk 1 misalnya mempunyai harga jual 10.000 per 1 Item. Produk 2 misalnya mempunyai harga jual 20.000 per 1 Item. Produk 3 misalnya mempunyai harga jual 30.000 per 1 Item. Fungsi Sumproduct 1 Untuk mendapatkan total penjualan biasanya kita akan menggunakan rumus formula pada kolom C sebagai berikut (contoh pada sel C3) = B3*10000 + C3*20000 + ...